Home » » 761 Sekolah Sudah Aktif Kembali Di DAPODIK

761 Sekolah Sudah Aktif Kembali Di DAPODIK

Ass. Rekan Gusti Hadinata.com

Dana Bansos BOS SMA 2015 membuat dilema di satu sisi, bagaimana tidak jika sekolah tidak mempunyai Jaringan yang baik serta operator yang handal dipastikan tidak bisa merasakan keberpihakan pemerintah melalui saluran bansos dana BOS, karena kemdikbud menegaskan jika sekolah tidak mampu membuat laporan pertanggungjawaban penggunaan dana BOS baik melalui offline maupun online maka sekolah akan dinon aktifkan dari database Dapodik.

Berikut saya kutip secara lengkap berita mengenai “761 Sekolah Sudah Aktif Kembali Di DAPODIK” oleh Kemdikbud di web : dapo.dikmen.kemdikbud.go.id Tanggal: 16 September 2015


BOS SMA
BOS SMA TAHUN 2015

===========================================================
Yang Terhormat :
1.      Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
2.      Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota
3.      Kepala Sekolah SMA/SMK/SPK
4.        Operator Dapodikmen
di seluruh Indonesia


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kami ucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan berperan aktif untuk mensukseskan pemuthakiran  data Dapodik sebagai tindak lanjut dari Surat Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah No 3838/D/TI/2015 tentang Pemuthakiran  Dapodik Tahun Ajaran 2015/2016. Perlu kami sampaikan bahwa pada saat ini capaian progress data Dapodik jenjang SMA-SMK Tahun 2015/2016 khususnya untuk data Peserta Didik berjumlah 8.708.614 siswa, yaitu 104.59% dibanding capaian jumlah data Peserta Didik Tahun 2014/2015. Namun demikian untuk prosentase kualitas kelengkapan data  secara rata-rata masih berkisar di 85.31% sehingga harus ditingkatkan terus. Untuk itu mohon kerjasama semua pihak agar terus mendorong sekolah dalam melakukan pemuthakiran data Dapodik dalam rangka mencapai target dalam Roadmap Dapodik jenjang SMA-SMK Tahun 2015, yaitu data tercapai 100% secara kualitas dan kuantitas.

Dalam rangka Pemuthakiran  Dapodik Tahun Ajaran 2015/2016 sebagaimana diuraikan diatas, kami juga melakukan pemuthakiran dan validasi data Satuan Pendidikan/Sekolah. Pada tanggal 8 September 2015 kami telah mengumumkan penghapusan sementara terhadap 1.576 entitas Satuan Pendidikan/Sekolah dengan kreteria tertentu. Mekanisme ini dimaksudkan untuk melakukan validasi jumlah Satuan Pendidikan/Sekolah jenjang menengah yang aktif/ada/hidup dan operasional serta  Satuan Pendidikan/Sekolah  yang telah tutup/tidak beroperasi lagi. Satuan Pendidikan/Sekolah yang aktif/operasional dicirikan dengan data profil sekolah dan dokumen pendukung (SK Pendirian, SK Ijin Opaersional) serta data Dapodik sekolah tersebut terisi dengan lengkap dan up to date. Hal ini untuk memastikan bahwa Satuan Pendidikan/Sekolah tersebut terakomodir dan tidak terlewatkan dari program-program di Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan seperti BOS, PIP, UN dan lain sebagainya dimana pada transaksionalnya menggunakan data dari Dapodik. Sebaliknya untuk sekolah yang sudah tutup/tidak beroperasi lagi maka entitas sekolah tersebut akan dihapus dari Manajemen Dapodik untuk menghindari kesimpang siuran data dan program salah sasaran.

Berikut ini kami sampaikan progress/perkembangan aktifasi dari 1.576 Satuan Pendidikan/Sekolah  yang terkena penghapusan sementara. Progress per hari ini tanggal 16 September 2016 Pukul 08.00 WIB yang telah melakukan aktifasi sebanyak 761 Sekolah (daftar terlampir) dan yang belum melakukan aktifasi sebanyak 815 sekolah (daftar terlampir). Sehubungan dengan hal ini mohon kerjasama dari Dinas Pendidikan Propinsi/Kabupaten/Kota atau Kepala Sekolah untuk melakukan pengecekan Satuan Pendidikan/Sekolah di wilayah masing-masing. Apabila ditemui bahwa ada Satuan Pendidikan/Sekolah yang masik aktif/beroperasi dan masuk daftar yang dihapus, maka segera melakukan langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali Satuan Pendidikan/Sekolah tersebut dengan cara sebagai berikut:

1.    Cek dan update kelengkapan dokumen Satuan Pendidikan/Sekolah (SK pendirian, tanggal SK pendirian, SK izin operasional dan tanggal SK izin operasional) di laman: http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/. Dan jika belum lengkap/kosong/salah maka lakukan pembenahan dan lampirkan/up load file dokumen pendukungnya. Caranya silahkan akses pada laman : http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/ dan login menggunakan akun yang telah diregistrasi pada laman: http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Setelah login, klik pada Menu >> Pengelolaan >> Perbaikan Data, maka ditampilkan Form Perbaikan Data Identitas. Pada Bagian Dokumen, silahkan isikan/update data SK Operasional, Tanggal SK Operasional, SK Pendirian, Tanggal SK Pendirian kemudian lampirkan dokumen pendukungnya dan simpan.

2.    Setelah melakukan Vervalsp, maka dapat melaporkan lewat forum Helpdesk Dapodikmen di laman: http://helpdesk.dikmen.kemdikbud.go.id/helpdesk atau dapat ke email:  datadikmen@kemdikbud.go.id

3.    Dapat menghubungi layanan Helpdesk Dapodik SMA-SMK pada hari kerja pukul 10.00 WIB s/d 15.00 WIB (telephon atau Whatsapp dan mohon tidak SMS).
    a.    Sdr. Andik Purwanto dengan HP 081357577437
    b.    Sdr. Muhammad Ikhsan   dengan  HP. 082113280354
    c.    Sdr. Herman dengan HP. 082285763772

4.    Untuk bantuan teknis dapat menghubungi Tim Relawan Dapodik SMA-SMK di daerah masing-masing, daftar tim relawan disini.

5.    Satuan Pendidikan/Sekolah yang telah diaktifkan kembali entitasnya harus segera melakukan pemutakhiran data Tahun 2015/2016 dan melakukan sinkronisasi.

Satuan Pendidikan/Sekolah yang terkena penghapusan sementara ini dan tidak melakukan langkah-langkah aktifasi sebagaimana diuraikan di atas, maka entitas Satuan Pendidikan/Sekolah tersebut dianggap sudah tutup/tidak beroperasi lagi dan akan dihapus secara permanen. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
===========================================================
Bagaimana ? silakan sekolah yang memang merasa memerlukan bantuan dari pemerintah agar selalu mengusahakan membuat laporan penggunaan dana bansos BOS secara rutin sesuai aturan dari kemdikbud.

Semoga bermanfaat.

Wass. Terima Kasih
Gusti Hadinata

Berlangganan Artikel! Masukkan alamat Email Anda di bawah:

Creatif By : Gusti Hadinata | www.gustihadinata.com

image Terimah Kasih telah membaca artikel761 Sekolah Sudah Aktif Kembali Di DAPODIK. Yang ditulis oleh Gusti Hadinata .Pada hari Jumat, 18 September 2015. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan di komentar, Trimakasih

:: Get this widget ! ::

Post Comment