Home » » Mulai 1 Januari 2016 biaya Sertifikasi Mandiri dari Guru

Mulai 1 Januari 2016 biaya Sertifikasi Mandiri dari Guru

Sertifikasi guru merupakan program pemerintah dalam rangka standar guru dalam memajukan pendidikan Indonesia. Program sertifikasi dimulai sejak tahun 2005 dan berakhir tahun 2015.

Bagaimana untuk tahun 2016 dan seterusnya ? Mulai 1 Januari 2016 nanti, biaya sertifikasi profesi ditanggung masing-masing guru. Kalangan perguruan tinggi menaksir biaya sertifikasi mencapai Rp 14 juta

Guru dan Pegawai SMAN 2 Sekayam
Photo Bersama Guru dan Pegawai SMAN 2 Sekayam

Proses sertifikasi yang lebih dikenal dengan PLPG tetap dilaksanakan di kampus / universitas negeri di provinsi masing-masing daerah. Tentang durasi pelaksanaan untuk guru TK dan SD adalah 1 (satu) semester sedangkan guru SMP/SMA/MA/SMK selama 2 (dua) semester.

Karena bisa memunculkan polemik, Rochmat cepat-cepat meredamnya. Dia berharap para guru ini memaknai biaya sertifikasi hingga Rp 14 juta itu sebagai investasi. "Layaknya kita mau kuliah S2," ujar dia.

Mulai 1 Januari 2016 biaya Sertifikasi Mandiri dari Guru

Kabar ini juga dibenarkan oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata membenarkan bahwa tahun depan berlaku kebijakan sertifikasi mandiri. Sesuai dengan namanya, sertifikasi mandiri itu adalah sertifikasi yang biayanya ditanggung guru-guru sendiri.

Namun dia menegaskan bagi guru yang sudah mengajar sejak sebelum 2005, maka biaya sertifikasinya menjadi tanggung jawab pemerintah. Pejabat yang akrab disapa Pranata itu mengatakan, guru yang sudah mengajar sebelum 2005 ada 1,7 juta orang. Sisa yang belum disertifikasi ada 166 ribuan orang. "Biaya sertifikasi bagi 166 ribuan orang itu tetap tanggung jawab pemerintah," kata dia.

Sementara itu guru dalam jabatan yang baru bekerja per 1 Januari 2006 berjumlah 547.154 orang guru. Nah setengah juta orang guru inilah yang harus menanggung biaya sertifikasinya sendiri-sendiri. Pranata beralasan bahwa dalam UU 14/2005 tentang Guru dan Dosen kewajiban pemerintah memang menanggung biaya sertifikasi guru yang bekerja sejak sebelum 2005.

Namun Pranata mengatakan aturan dalam UU itu tidak buta. Dia menjelaskan Kemendikbud tetap menjalankan kebijakan afirmasi. Guru-guru yang berada di daerah khusus atau terpencil, akan dibantu biaya sertifikasinya.

Demikian info kesempatan ini, semoga dapat menjadi wacana untuk teman guru dalam mempersiapkan diri terutama persiapan biaya tentunya.

sumber : http://jpnn.com/

CATATAN HADI : JIKA ARTIKEL INI BERMANFAAT UNTUK ANDA, MOHON KESEDIAAN MEMBANTU DENGAN MEMBAGIKAN LINK ARTIKEL INI KE TEMAN ANDA SERTA KLIK TOMBOL PLUS GOOGLE +G

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA, SILAKAN BERKUNJUNG KEMBALI DI LAIN WAKTU.
www.gustihadinata.com

Berlangganan Artikel! Masukkan alamat Email Anda di bawah:

Creatif By : Gusti Hadinata | www.gustihadinata.com

image Terimah Kasih telah membaca artikelMulai 1 Januari 2016 biaya Sertifikasi Mandiri dari Guru. Yang ditulis oleh Gusti Hadinata .Pada hari Sabtu, 19 September 2015. Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan di komentar, Trimakasih

:: Get this widget ! ::

Post Comment